Minggu, 19 Juni 2016

PEMASANGAN TAPAL BATAS DESA CEMPAGA

PEMASANGAN DAN PEMELASPASAN , BALE KULKUL DAN TAPAL BATAS DESA CEMPAGA BULELENG

Desa Cempaga yang berlokasi di Kabupaten Buleleng mulai berbenah, terutama terlihat dari segi kebersihan desanya dimana sudah di terbitkan Perdes tentang Kebersihan lingkungan dan penanganan sampah baik organik dan unorganik. Hal ini terlihat dari wajah desa yag dulunya kusam dan banyak sampah sekarang menjadi bersih rapi dan indah, dimana samping kiri dan kanan desa terdapat taman bunga yang di set up dengan baik sehingga memberikan wajah baru desa yang asri.

Desa cempaga memiliki adat budaya yang sangat unik dan sakral dimana pemerintahan desa terdiri dari Desa Dinas dan desa pakraman Cempaga yang di pinpin oleh Perbekel dan Bendesa pakraman. Perbekel saat ini adalah PUTU SUARJAYA dan Bendesa Pakraman adalah I NYOMAN DIRA. Ini di ibaratkan seperti suami istri dimana Desa Dinas adalah suami dan Desa Pakraman adalah istrinya.

Saat ini koordinasi antara dinas dan adat sangan bagus dimana segala bentuk kegiatan selalu bersama- sama sehingga menjadikan desa bersatu padu menuju Desa Cempaga yang Bersih, Aman, Terbuka, Adil dan Modern ( BATAM) sesuai dengan Visi misi Kepala Desa terpilih pada Pilkel 2015 yaitu menuju Cempaga yang BATAM.
Perlahan Visi misi tersebut sudah bisa di wujudkan dimana Bersih sudah terlihat dari wajah desanya yang sudah bersih dari sampah plastik, Aman sudah terihat dari sedikitnya tindakan kriminal terutama pencurian atau perkelahian yang merupakan ciri Bali aga dahulu, Terbuka terlihat dari pengelolaan keuangan desa yang sangat terbuka dan menggunakan pengeluaran dengan satu pintu, Adil terlihat dari tidak adanya perbedaan antar warga dalam mendapatkan bantuan serta benar- benar menyentuh warga yang berhak, Modern terlihat dari sistem atau kemampuan staff desa yang semuanya sudah menguasai komouter dan internet, dimana Desa Cempaga sudah memiliki internet sendiri bahkan adanya wifi gratis bagi warga di seputaran Kantor desa dan Wantian serta Sekolah dasar  sehingga memberikan efek yang sangat positif bagi warga utuk mendapatkan informasi, dimana dulu muda mudi kesulitan dalam on line karena signal HP tidak bisa.

Berdasarkan kesepakatan bersama maka Desa dinas dan adat mbersama- sama membuat Tapal batas desa dengan biaya di tanggung bersama, Tapal batas tersebut ada 4 buah yang di taruh di masing - masing wilayah yaitu : Sebeah Utara perbatasan dengan desa Temukus, sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pedawa, Sebelah barat berbatasan dengan desa Sidatapa, dan pertengahan perbatasan antar dusun, yaitu Dusun Desa dan dusun Corot.Desa Cempaga memiliki 2 dusun ( dusun desa dan dusun corot )
Tapal batas ini di borongkan dengan biaya semuanya adalah Rp. 28.500.000 belum termasuk biaya pemelaspas.

Diharapkan dengan adanya tapal batas ini akan menambah dan mempercantik wajah desa cempaga sehingga target untuk menjadikan desa cempaga menjadi saah satu desa wisata dengan kebersihan lingkungan dan keunikan budayanya akan tercapai.
Persembahyangan di Catus Pata Desa

Pemelaspasan balai Kulkul di Pura Desa Cempaga

Tapal Batas Dengan Desa Pedawa

Tapal Batas Dengan Desa Sidatapa




Tapal Batas Dengan Desa Temukus



Tapal Batas antar dusun Desa dan dusun Corot


Perencanaanya ke depan akan di buat Gapura di perbatasan dengan Desa Pedawa yang akan di kerjakan bersama Desa Pedawa dengan 2 sisi sekaligus , sehingga memberikan rasa saling memiliki dan persatuan yang kuat antar desa bali aga.
Semoga persatuan antar desa bali aga manjadi kuat dan menjadikan salah satu destinasi wisata di Buleleng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar